Jumat, 24 Februari 2012

Rahasia dibalik kemampuan aritmatika perempuan


Rahasia dibalik kemampuan aritmatika perempuan

Jumat, 24 Februari 2012 13:20 WIB | 1690 Views
Perempuan mempunyai kemampuan lebih baik dalam bidang aritmatika, demikian temuan para peneliti dari China.

"Orang-orang selalu mengira kaum adam mempunyai keunggulan dalam bidang matematika dan ukuran,  kemampuan perempuan dalam bidang bahasa," kata Xinlin Zhou, peneliti Beijing Normal University yang mempublikasikan temuannya dalam jurnal Psychological Science.

Kemampuan perempuan itu, menurut temuan Zhou bersama empat rekannya, diperoleh dari ketrampilan verbal mereka.

"Bagaimanapun, sejumlah orang tua dan guru di China mengatakan anak perempuan mengerjakan aritmatika lebih baik dibanding anak laki-laki di sekolah dasar," kata Zhou seperti dikutip psychologicalscience.org.

Para peneliti melakukan serangkaian uji coba terhadap anak-anak berusia delapan hingga sebelas tahun di 12 sekolah dasar di sekitar Beijing.

Dari uji coba tersebut, anak-anak perempuan mengalahkan anak-anak laki-laki dalam berbagai bidang matematika seperti perbandingan numerik, pengenalan angka paling besar dari dua angka, dan penyusunan deret angka.

Sedangkan anak-anak laki-laki menunjukkan kemampuan lebih baik dalam merotasi gambar-gambar tiga dimensi.

"Keunggulan anak perempuan dalam ketrampilan verbal dapat mengantarkan proses yang lebih efisien dalam kemampuan aritmatika," kata Zhou.

Zhou mengatakan anak laki-laki dapat menggunakan strategi verbal untuk mempelajari istilah-istilah matematika, sedangkan anak perempuan lebih banyak berlatih ketrampilan spasial. 
(I026)

Editor: Aditia Maruli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar